Users  

   

Hobi  

   

Statistik  

Visitors
232
Articles
59
Articles View Hits
394921
   

User Online  

We have 63 guests and no members online

   

Cara Mengkoneksikan 2 Buah Laptop Dengan WiFi di Windows 7 ( Seven ) !

Details

 

Jaringan WiFi adalah teknologi jaringan wireless  (jaringan komunikasi yang tidak memerlukan kabel) yang saat ini banyak digunakan untuk membuat jaringan kecil hingga besar.  Selain menggunakan WiFi, media yang dapat digunakan pada jaringan wireless ini diantaranya adalahBluetooth, Infrared Data Association (IrDA) dan HomeRF.

Menurut wikipedia, pengertian WiFi yang merupakan singkatan dari Wireless Fidelity ini adalah sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Sekarang ini ada empat variasi dari 802.11, yaitu: 802.11a, 802.11b, 802.11g dan 802.11n yang mempunyai data rate up to 300Mbps (downlink) and 150Mbps (uplink). 

 

Lalu Apa itu Jaringan Wifi Adhoc?

Jaringan WiFi Ad hoc  adalah mode jaringan WiFi yang memungkinkan dua atau lebih device (komputer atau router) untuk saling berkomunikasi satu sama lain secara langsung (dikenal dengan istilah peer to peer) tanpa melalui Central Wireless Router atau Acces Point (AP). Sedangkan jaringan WiFi yang menggunakan sebuah Acces Point Router untuk menghubungkan antara semua client dengan sumberdaya jaringan lainnya disebut jaringan WiFi mode  Infrastructure

Bagaimana membuat jaringan WiFi Ad Hoc di Windows 7 ? 

  • Klik icon WiFi di taskbar sebelah kanan bawah di komputer Anda, sebelumnya pastikan bahwa WiFi Anda telah berjalan dengan baik. Kemudian akan muncul jendela dengan tampilan seperti di dalam gambar, Anda klik saja Open Network and Sharing Center.

 

 

  • Di jendela Windows baru Anda klik Set up a new connection or network.
  • Kemudian akan muncul jendela lagi, Anda scroll ke bawah dan pilih Set up a wireless ad hoc (computer-to-computer) network, lihat tanda panah merah di dalam gambar di bawah ini, setelah itu Anda klik Next untuk melanjutkan ke proses selanjutnya. 

 

  • Di jendela berikutnya Anda diminta untuk mengisi nama jaringan dan password, silahkan isi dengan nama dan pasword yang Anda inginkan, jangan lupa centang Hide characters dan Save this network, setelah selesai semua klik Next.

 

  • Selanjutnya akan ada konfirmasi dan sedikit penjelasan mengenai apa itu ad hoc network dan apa sih manfaatnya, berapa jauh jarak jangkauan dan petunjuk lain sebelum Anda benar-benar mengaktifkan fitur ini. Untuk memproses pengaturan, silahkan klik Next, biarkan sistem memproses pengaturan sampai ada konfirmasi bahwa ad hoc network telah berhasil dibuat
    .

 

  • Sip! pengaturan ad hoc netwok telah berhasil dibuat, tampilan akhir proses pengaturan ad hoc network akan seperti gambar di bawah ini, yang menandakan Anda sudah dapat menggunakan jarigan ini sebagai media transfer file ke komputer lain.
  • Untuk melakukan koneksi Anda klik ikon WiFi di taskbar dan klik nama koneksi kemudian klik Connect, komputer lain pun dapat melakukan hal yang sama. Coba lakukan koneksi dan apabila gagal, non aktifkan Firewall Anda dan coba lagi. Untuk alternatif, Anda dapat mengatur IP kedua komputer sehingga dapat tersambung dengan lebih mudah. Pastikan juga IP kedua komputer tidak sama agar tidak terjadi bentrok. 

Sampai di sini saya harap Anda telah berhasil menghubungkan komputer-komputer Anda guna mendukung kegiatan bisnis sehari-hari. Jika Anda belum mencoba, ikuti langkah demi langkah dari awal, saya yakin Anda tidak akan menemukan kendala berarti karena pengaturan ini sangat sederhana dan dengan adanya gambar saya harap Anda akan lebih terbantu.

SELAMAT MENIKMATI

 

Comments   

 
+2 #3 Jackxander 2013-03-10 03:16
Quoting Arjunoireng:
mantap....!! Yang pernah maen dota pasti dah pada tau 8)

Anda Benar !
Quote
 
 
+3 #2 Taufiq Ramdhoni 2013-02-14 01:36
yoman
Quote
 
 
-1 #1 Arjunoireng 2013-02-02 10:08
mantap....!! Yang pernah maen dota pasti dah pada tau 8)
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

   

Indeks  

   
© ALLROUNDER