Users  

   

Hobi  

   

Statistik  

Visitors
215
Articles
59
Articles View Hits
384914
   

User Online  

We have 42 guests and no members online

   

MEMBUAT VPN CLIENT PADA WINDOWS 7

Details

Sebelum kita melakukan setting lebih lanjut dan agar kita dapat langsung mengunakan akses VPN ini maka kita pastikan dulu ada akses internet di PC atau Laptop kita. Pada contoh artikel ini, penulis mengunakan koneksi dengan Hotspot HMTI Bani Saleh

Langkah pertama : Buka menu Network and Sharing Center. Lalu pilih menu Setup a New Connection Network.

Kedua : Selanjutnya pilih menu Connect to a Network Place.

Ketiga :  Pilih menu Create a New Connection.

 

Keempat : Lalu pilih Use my Internet connection (VPN).

Kelima : Selanjutnya kita masukkan alamat IP Address atau Domain Name dari VPN Server kita dan Nama koneksi VPN kita ( bebas pake nama apa saja ).

 

Keenam : Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini dan kita masukkan Username + Password User VPN yang telah kita siapkan.

 

Ketujuh :  Perhatikan di status Network Connection kita telah muncul sebuah nama koneksi VPN yang telah kita buat tadi… Klik nama koneksi VPN tersebut lalu pilih properties.

Ketujuh : Pada menu tab General kita dapat meng-edit IP address atau nama domain dari VPN Server kita.

Kedelapan : Pada menu tab Security, kita tentukan jenis VPN kita misalnya pada contoh ini kita gunakan PPTP VPN tanpa Enkripsi.

Kesembilan : Selanjutnya pada menu tab Networking, kita cek setting pada Internet Protocol / TCP-IP. Lalu kita klik Properties dan selajutnya kita klik lagi menu Advanced.

Kesepuluh : Pada menu tab IP Settings pahami penjelasan berikut ini.

  • Jika Opsi Use default gateway on remote network kita aktifkan maka apabila Client ini sudah terkoneksi ke VPN Server maka selanjutnya Gateway yang di gunakan bukan lagi gateway dari koneksi local melainkan mengunakan Gateway yang ada pada VPN Server.
  • Jika Opsi Use default gateway on remote network kita NON-aktifkan maka apabila Client ini sudah terkoneksi ke VPN Server maka Gateway yang di gunakan TETAP gateway dari koneksi local alias tidak mengunakan Gateway yang ada pada VPN Server. Artinya VPN hanya di gunakan sebagai jembatan untuk mengakses dan memanfaatkan resource yang ada di jaringan LAN ( misalnya : FileServer, Email Server, WebServer, Applikasi internal corporate, dll )

Kesebelas : Selanjutnya kita klik OK 3 kali untuk menyelesaikan konfigurasi ini. Lalu kita cek status network / interface kita dengan perintah ipconfig/all dari Command prompt.

Keduabelas : Lalu kita test dulu sebelum terkoneksi ke VPN Server misalnya dengan melakukan ping ke salah satu IP dari PC Client yang ada di jaringan LAN kita. ( status / hasil ping masih RTO karena emang belum konek ke VPN Server ).

Ketigabelas : Selanjutnya kita Connect VPN Client kita. ( pastikan Username & Password telah kita setting dengan benar.

Keempat belas : Setelah itu koneksi VPN Client ini berhasil dan statusnya Connected seperti gambar dibawah ini.

Kelimabelas : Selanjutnya kita test lagi setelah Client terkoneksi ke VPN Server misalnya dengan melakukan ping ke salah satu IP dari PC Client yang ada di jaringan LAN kita. Dan hasilnya ping berhasil memperoleh reply dengan baik dari satu IP dari PC Client yang ada di jaringan LAN kita.

Sampai disini setting VPN Client di Windows 7 telah selesai dan kita dapat memanfaatkan resource dari jaringan LAN lebih lanjut. Mudah sekali bukan ??? Semoga  artikel ini bermanfaat bagi rekan-rekan semua… Salam…

 

 

Sumber : Pak Nathan Gusti Ryan {http://thinkxfree.wordpress.com/2011/06/10/step-by-step-konfigurasi-pptp-vpn-client-di-windows-7/}

Comments   

 
0 #1 Indonesia Hebat 2015-07-01 22:13
Saya tertarik dengan postingan anda ini, informasi VPN yg sangat berguna sekali.
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
Informasi Seputar Cisco Gunadarma
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

   

Indeks  

   
© ALLROUNDER